Upertis Lakukan Penyuluhan dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Panti Asuhan Bunda Saiyo Padang

Universitas Perintis Indonesia (Upertis) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema 'Penyuluhan dan Pemeriksaan Kesehatan'. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Panti Asuhan Bunda Saiyo yang berlokasi di Kelurahan Balai Gadang Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang.

Kemudian, pengabdian masyarakat di Panti Asuhan Bunda Saiyo itu dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Prodi D-III Teknologi Laboratorium Medis Fakultas Ilmu Kesehatan, Upertis. Di sana dosen dan mahasisw melakukan pengecekan kesehatan terhadap anak-anak penghuni panti asuhan tersebut.

Saat diwawancarai, Ketua Jurusan Teknologi Laboratorium Medis, Endang Suryane mengatakan kegiatan itu juga sebagai implementasi Tri Darma Perguruan Tinggi. Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan di sana meliputi cek golongan darah, hemoglobin, feses serta parasit lainnya.

"Alasannya memilih panti asuhan ini karena jaraknya dengan Upertis tidak terlalu jauh. Kemudian, kami melakukan pemeriksaan golongan darah hingga pemeriksaan parasit. Karena anak-anak di sini hidup berkelompok," katanya, Kamis (17/12).

Kemudian, Endang juga menuturkan kegiatan di lakukan juga cenderung untuk mengubah kesehatan masyarakat di lingkungan sendiri terlebih dahulu. Lalu, ia menjelaskan dalam melakukan kegiatan itu dosen dan mahasiswa yang turun ke lapangan sebanyak 25 orang. 

"Anak-anak yang ikut berjumlah 30 orang, target kita 3 bulan lagi akan kembali lagi ke sini dengan bentuk kegiatan lain ataupun follow up hasil dari kegiatan hari ini," jelasnya.

Selain pemeriksaan kesehatan, Endang dan anggota lainnya juga memberikan bantuan paket sembako berupa beras, telur, dan bahan makanan lainnya. Tak hanya itu, para dosen yang hadir juga membawakan bantuan materi serta bantuan sandang lainnya.

Sejalan dengan itu, pengasuh Panti Asuhan Bunda Saiyo Ari Purnadi juga mengucapkan terima kasih karena telah menjadikan Panti Asuhan Bunda Saiyo tempat untuk melakukan kegiatan pengabdian masyarakat tersebut. Ia juga mengapresiasi Upertis karena dapat membantu dan memberikan dampak positif bagi anak-anak penghuni panti.

"Alhamdulillah kami sangat bersyukur sekali karena anak-anak kami mendapatkan layanan pemeriksaan kesehatan dan penyuluhan gratis. Ini juga bentuk dari kegiatan yang sangat baik dan kami sangat mendukung,"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat