UNIVERSITAS PERINTIS INDONESIA MELAKSANAKAN KEGIATAN PKKMB TAHUN AKADEMIK 2022/2023 


UPERTIS, Sebanyak kurang lebih 700 an mahasiswa/i baru Universitas Perintis Indonesia mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang dipusatkan di Kampus I Universitas Perintis Indonesia, simpang kalumpang lubuk buaya kota padang.


Ketua Panitia PKKMB Ns. Yaslina, M.Kep mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan dan melakukan koordinasi dengan panitia di tingkat UPERTIS, karena PKKMB tahun ini sesuai dengan arahan dari Dikti kemudian didukung oleh organisasi mahasiswa yang tergabung dalam perwakilan UKM dan BEM baik di tingkat universitas dan fakultas. Selain itu juga dilibatkan dari unsur dosen dan tendik.


“PKKMB ini dimulai pada tanggal 03 Oktober s.d 06 Oktober 2022, Tujuan dari PKKMB ini adalah untuk memberi pembekalan kepada mahasiswa baru dalam beradaptasi di lingkungan kampus dan juga memahami sistem pendidikan di perguruan tinggi,” ungkap ibu yaslina. 


Sementara, Rektor Universitas Perintis Indonesia, Yendrizal Jafri, S.Kp.,M.Biomed menyampaikan selamat datang kepada mahasiswa/I terpilih di universitas perintis indonesia, dan beliau meminta agar para mahasiswa baru bisa menjadikan kampus UPERTIS untuk lebih baik dalam pencapaian berbagai prestasi kedepannya. Saat ini UPERTIS memiliki ribuan mahasiswa yang sedang melaksanakan pendidikan baik ditingkat diploma, sarjana, dan profesi. 


“Saya berharap ananda nanti bisa meraih prestasi, apalagi saat ini Mentri kita Mas Nadiem telah meluncurkan program MBKM (Merdeka Belajar kampus Merdeka), jadi Ananda mahasiswa tidak hanya belajar di Prodi pilihan, tetapi juga bisa belajar di Prodi lain yang merupakan salah satu program MBKM,” ungkapnya. 


Dalam rangkaian kegiatan PKKMB tersebut, panitia pelaksana menyiapkan sejumlah rangkaian acara selama 4 hari kegiatan. Selain dari rangkaian kegiatan yang dipersiapkan oleh kepanitian UPERTIS juga menfasilitasi mahasiswa baru mengikuti psikotes / peta diri yang akan berguna untuk melihat gambaran umum kemampuan dan potensi yang dimiliki oleh mahasiswa, kegiatan ini dilaksanakan selama 1 hari sebelum kegiatan PKKMB dimulai. Selama empat hari kegiatan PKKMB tersebut salah satu kegiatan yang dilakukan ialah menghadirkan para narasumber dari berbagai instansi untuk menyampaikan materi/ pembekalan bagi mahasiswa baru, kegiatan aksi nyata (goro dan pembagian liftlet kesehatan di lingkungan masyarakat sekitaran kampus), pendidikan pembentukan karakter bagi mahasiswa, Game dan lain sebagainya. 


Selama kegiatan PKKMB berlangsung tampak keceriaan di wajah peserta mahasiswa baru, salah satu dari mereka menuturkan, “saya bangga bisa bergabung di Universitas Perintis Indonesia ini, selain kampus nya yang bagus, banyak teman teman baru yang saya jumpai disini” disisi lain panitia dari tingkat mahasiswa juga menuturkan bahwa kegiatan PKKMB tahun ini tingkat animo peserta mahasiswa baru sangat tinggi bahkan dari rangkaian acara yang sudah disiapkan tampak peserta mahasiswa baru terlihat sangat antusias untuk mengikutinya. Kami berharap tahun depan kegiatan PKKMB ini bisa berjalan lebih semarak lagi. 


Pada penutupan, wakil rektor 1 bidang akademik yang juga selaku ketua pelaksana kegiatan PKKMB ini mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang terlibat dan berharap pelaksanaan seluruh rangkaian kegiatan ini menjadi wahana penanaman 5 (lima) program gerakan nasional revolusi mental yaitu Indonesia melayani, Indonesia bersih, Indonesia tertib, Indonesia mandiri, dan Indonesia bersatu. (SR_HUMAS)